MENGATASI KEBIASAAN MENDENGKUR ATAU NGOROK

Hallo sobat selamat datang di postingan ini, kali ini saya akan ngepost bagaimana caranya agar dapat menghindari atau menanggulangi kebiasaan tidur mendengkur alias mengorok. Ga enak banget dengernya kalau ada orang di sebelah kita tidurnya mendengkur bikin bete pastinya kan..?? sebaiknya kita ketahui dulu apa apa saja yang menyebabkan orang tidur mendengkur.

MENGATASI KEBIASAAN MENDENGKUR ATAU NGOROK

Penyebab Tidur Mendengkur  dan cara mengatasinya :



  • Penyebab utama tidur mendengkur adalah ketika jaringan di balik kerongkongan, yakni lidah dan langit-langit mulut saling bersinggungan, bergetar dan akhirnya memproduksi bunyi itu lah yang di sebut dengkuran.Persinggungan jaringan-jaringan tadi bisa langsung menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, yuitu tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang dapat merusak jantung si penderita.
  • Posisi Tidur : Mendengkur terjadi ketika langit-langit, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, sehingga menimbulkan suara getar selama tidur. Bunyi dengkuran muncul ketika posisi tidur telentang sehingga lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Karena itu, cobalah mengubah posisi tidur menjadi miring agar terhindar dari mendengkur.
  • Alkohol dan Obat Penenang :Apa pun jenis obat penenang seperti pil tidur atau alkohol dosis rendah dapat menyebabkan mendengkur, karena cenderung menekan pernapasan. Karena itu, hentikan atau kurangi kebiasaan menggunakan obat-obat penenang.
  • Susu : Jangan mengkonsumsi susu sebelum tidur, karena susu dapat menyebabkan dengkuran. Walaupun susu dapat membantu mengobati insomnia, tetapi tidak baik efeknya untuk yang mempunyai kebiasaan mendengkur.
  • Orang yang gemuk dengan leher pendek biasanya tidurnya mendengkur, karena terdapat pengumpulan lemak yang menghambat saluran nafasnya. Orang kurus pun bisa saja mendengkur, terutama jika pada dirinya ditemui kelainan seperti sinusitis , amandel, atau mempunyai kelainan bawaan.
Apakah anda termasuk orang yang jika tidur mendengkur/mengorok? Tahu kah anda, tidur mendengkur dapat menghilangkan kesegaran dan mengurangi kualitas tidur anda. Karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Tidur mendengkur/mengorok adalah salah satu tanda dari terhalangnya pernapasan saat tidur.
Orang yang tidur mendengkur biasanya sering terbangun di malam hari. Keadaan seperti itu tentu saja bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, karena tidak mempunyai kesempatan untuk istirahat dengan baik. Selain badan mudah lemah, mengantuk sepanjang hari, dan juga bisa berpengaruh buruk pada libido.

Beberapa cara mengatasi tidur mendengkur/mengorok:
  • Hirup Uap Air Hangat Sebelum Tidur!! Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasinya adalah menghirup dalam-dalam uap air hangat melalui hidung sebelum tidur. Anda juga bisa meletakkan handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.
  • Cobalah Obat Semprot Nasal Penelitian menunjukkan bahwa obat nasal semprot dapat mengusir penyumbatan, sehingga membuat lubang hidung terbuka lebar. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari risiko mendengkur.
  • Minum Madu Sebelum tidur sebaiknya meminum beberapa sendok madu. Karena menurut beberapa penelitian, madu sangat bermanfaat membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur/ngorok.
  • Atur Posisi Letak Bantal Saat tidur menjadi lebih tinggi. Karena jika posisi bantal rendah atau datar akan menyumbat keluar masuk udara sehingga menimbulkan dengkuran.

Semoga Bermanfaat